Kegiatan Pengabdian IndoMS Wilayah DIY-Jateng (Kerjasama IndoMS Wilayah DIY-Jateng dengan Univet Bantara Sukoharjo)

Tema :

Pelatihan Software R dalam Pembelajaran Statistika Bagi Guru MGMP Matematika SMA Kabupaten Sukoharjo

Mitra :

Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Nara Sumber: Joko Sungkono,S.Si., M.Sc.

  • Divisi Pengabdian Kepada Masyarakat, IndoMS Wilayah DIY&Jateng
  • Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Widya Dharma Klaten

Sasaran :

Guru-guru Matematika SMA Kabupaten Sukoharjo

Waktu Pelaksanaan:

Rabu, 07 Agustus 2019

Tempat Pelaksanaan:

Laboratorium Komputer Pendidikan Matematika Univet Bantara Sukoharjo

Jalannya Kegiatan:

Kegiatan dikemas dalam bentuk pelatihan langsung dengan dibimbing narasumber dan tim pengabdian pendidikan matematika Univet. Narasumber utama Joko Sungkono, S.Si., M.Sc. dari Divisi Pengabdian Kepada Masyarakat IndoMS Wilayah DIY-Jateng (Instansi : Prodi Pendidikan Matematika Universitas Widya Dharma Klaten). Pembukaan acara dilakukan oleh Kaprodi Pendidikan Matematika Univet Bantara Sukoharjo Drs. Afif Afghohani, M.Kom. Acara juga dihadiri oleh Ketua MGMP Matematika SMA Kabupaten Sukoharjo Umar Hadianto, S.Pd., M.Pd. Peserta pelatihan guru matematika dari 20 SMA di Sukoharjo dengan masing-masing sekolah satu peserta (disesuaikan dengan kapasitas Lab). Materi pokok yang disampaikan difokuskan pada penggunaan Software R dalam pembelajaran materi Peluang di tingkat SMA (enyelesaian masalah peluang yang muncul dari percobaan seperti pelemparan koin, pelemparan dadu, setumpuk kartu bridge dan pengambilan item dari suatu kotak).  

Dalam Sambutannya, Kaprodi Pendidikan Matematika berharap kedepannya, kegiatan bersama yang dilakukan beberapa instansi/lembaga terus dikembangkan untuk mendukung pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang berkualitas dan dapat dirasakan masyarakat.

Sementara, ketua MGMP Matematika SMA Kabupaten Sukoharjo mengucapkan terimakasih atas partisipasi perguruan tinggi dan asosiasi(IndoMS) dalam rangka meningkatkan kompetensi guru dan berharap dapat terus dilakukan mengingat keterbatasan guru dalam mengembangkan kompetensi.